Facebook Ads atau Google Adwords, Mana Yang Lebih Menguntungkan? | Deerham.com

Facebook Ads atau Google Adwords, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Home / Digital Strategy / Facebook Ads atau Google Adwords, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Facebook Ads atau Google Adwords, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Saya yakin pembaca web ini tentu sudah mengenal facebook ads dan Google Adwords. Minimal sudah pernah ngejajal, meskipun untuk performa iklan masing masing tentu berbeda.

Artikel kali ini adalah lanjutan dari materi: 4 Langkah Menentukan Key Performance Indicator (KPI) Digital Yang Efektif

Mari kita lebih lanjut mempelajari tentang Facebook Ads dan Google Adword. Facebook dan Google dapat disebut sebagai dua raksasa dalam dunia internet. Apabila Facebook merajai bidang media sosial, maka Google menjadi rajanya search engine di dunia.

Keduanya sama-sama memfasilitasi para digital marketer untuk mempromosikan produknya ke target audiens dengan jangkauan lebih luas. Namun keduanya memiliki pendekatan yang berbeda dalam menservice para digital marketer.

Pertanyaan yang sering ditanyakan, “Mana yang harus saya pilih?”

Lebih menguntungkan mana facebook Ads atau Google Adwords?

Karakteristik Iklan Di Facebook Ads dan Google Adwords

Ada perbedaan karakteristik Adwords dan facebook, dengan mengenalinya Anda bisa memilih model iklan mana yang cocok untuk produk Anda.

Apabila Google Adwords fokus pada keywords yang yang ditargetkan dan penggunaan iklan berdasarkan teks, maka Facebook Ads bertujuan membantu pengguna menemukan bisnis berdasarkan hal-hal yang mereka sukai (interest) dan perilaku mereka secara online di ekosistem facebook.

Kalau disederhanakan kira kira seperti ini, Google Adwords membantu Anda menemukan pelanggan baru berdasarkan demand/kebutuhan, sedangkan Facebook Ads membantu pelanggan baru menemukan Anda berdasarkan interest/keinginan.

Supaya lebih jelas, coba perhatikan beberapa aspek berikut ini. Dengan kelebihan dan kekurangan Google Adwords dan Facebook Ads, Anda bisa menentukan hendak menggunakan platform advertising yang mana yang paling efektif dan menguntungkan.

Engagement

Facebook Ads unggul dalam hal engagement. Secara umum, engagement yang ditawarkan iklan di Google Adwords hanya berupa rating pelanggan. Sementara itu, Facebook Ads berbekal platform dan ekosistem yang sudah terbentuk, Anda sebagai pemilik brand bisa berinteraksi dengan target audiens, alhasil engagement pun terbentuk.

Mulai dari menjawab pertanyaan, menyiarkan status, menyediakan informasi tambahan, hingga suatu brand pun dapat menangani adanya komplain secara langsung di fan page.

Keberadaan hal-hal tersebut jelas memudahkan proses engagement sehingga tingkat loyalitas pelanggan bisa bertambah dan bisa berkurang. Tergantung bagaimana Anda mengelolanya.

Mengenai Loyalitas tentu kita tau bahwa tidak ada yang mampu meningkatkan penjualan seampuh loyalitas pelanggan terhadap Brand Anda.

Detail Targeting

Pinpoint targeting biasanya digunakan untuk menarget iklan yang Anda pasang. Mau dipasang ke ke target audiens yang mana? Hal ini bisa didasarkan banyak hal.

Pinpoint pada Facebook Ads, Anda bisa melakukannya dengan sangat mendetail dan spesifik, mulai dari usia, jenis kelamin, perilaku menggunakan Facebook, kesukaan target audiens atau dikenal dengan interest, hingga siapa saja yang telah melihat mengunjungi web Anda.

Dalam hal detail targeting, Facebook Ads lebih unggul karena pemasangan Google Adwords hanya berdasarkan keywords dan lokasi.

Target audiens yang semakin spesifik juga mampu menghasilkan biaya PPC yang lebih rendah dan konversi yang lebih baik.

Bagi Anda yang tertarik untuk memasang iklan di facebook dan mengharapkan KONVERSI dan PROFIT yang lebih baik dan cepat. Anda akan sangat terbantu dengan tool fenomenal yang berikut ini

Demand: Kebutuhan Dari Produk Yang Sudah Jelas

Pada Google Adwords, iklan dipasang berdasarkan pencarian. Yang mayoritas para pengguna mesin pencari baru memanfaatkan ketika memiliki kebutuhan tertentu. Apakah itu informational intent, ataupun transaction intent.

Artinya, calon pelanggan Anda sedang mencari hal-hal tertentu dan mereka siap untuk membelinya saat itu juga. Ini berarti, jika dilihat dari aspek waktu pemasangan iklan dan efektivitas pembelian produk, Google Adwords akan lebih unggul daripada Facebook Ads.

Singkatnya tujuan iklan menggunakan google adwords haruslah produk yang konsumennya sudah jelas dan jelas jelas memiliki intent alias kebutuhan dengan produk Anda.

Pasalnya, pengguna facebook tidak banyak yang bermain Facebook karena ingin mencari produk-produk tertentu. Umumnya pengguna Facebook lebih fokus pada hal hal yang terjadi di news feed mereka, dan ketika menemukan hal yang menarik perhatian, baru mereka akan melakukan aksi lebih jauh.

Bisnis Lokal: Optimasi di Mesin pencari

Bagi para pebisnis lokal yang ingin meningkatkan visibilitas di dunia online, anda bisa memanfaatkan SEO seperti ulasan yang pernah saya bahas. 13 Strategi Pemasaran Bisnis Lokal dengan SEO

Tapi jika bicara soal Google Adwords, maka ini adalah layanan advertising yang perlu Anda coba. Tentu hal ini masih berkaitan dengan aspek demand di atas.

Sebagai ilustrasi…

Saat seserang ingin mencari rekomendasi tempat untuk makan malam atau mencari pom bensin terdekat, kemungkinan terbesarnya mereka sudah mentargetkan lokasi tertentu sebagai kata kunci atau bahkan sudah berada di lokasi terdekat dengan restaurant atau pom bensin tadi.

Dengan studi kasus diatas, mereka kecil kemungkinan mendatangi bisnis yang lokasinya berada terlalu jauh. Jadi, untuk para pebisnis lokal, Google Adwords bisa dikatakan akan lebih unggul dari Facebook Ads.

Fee Service Semurah 20% Dari Budget Iklan

Biz.deerham.com menawarkan solusi bagi yang ingin menyasar Google Adwords untuk menemukan banyak pelanggan baru, dan mempercepat PROFIT.  Beberapa fleksibilitas biaya iklannya adalah:

  1. Harga yang SANGAT FLEXIBLE dan TRANSPARAN bahkan akan SANGAT MENGHEMAT ANGGARAN IKLAN Anda.
  2. Berapapun besarnya alokasi budget iklan Anda mulai dari 30rb/ hari, sampai 30jt/ hari. Harga jasa(fee service) iklan adwords kami tetap semurah 20%.
  3. Anda dapat dengan mudah mengetahui berapa Anggaran Harian, Berapa Lama Tayang, dan Berapa Klik bahkan konversi yang melalukan klik menuju web bisnis Anda memalui report yang kami berikan setiap pekannya.
  4. Kami juga akan memberikan Rekomendasi penayangan iklan via email mengenai berapa budget ideal, dan peningkatan teknis yang paling ideal untuk iklan bisnis Anda

ADWORDS-CTA

Jadi, mana yang harus Anda pilih untuk beriklan secara online? Google Adwords atau Facebook Ads.

Secara teori keduanya bisa dipisahkan berdasarkan pada kebutuhan bisnis, apa yang Anda jual, dan karakter target audiens Anda.

facebook ads adalah jawaban yang paling relevan jika Anda menawarkan hal yang menonjolkan aspek visual dengan target audiens spesifik, serta keinginan bisnis Anda untuk membangun awareness.

Tetapi sebaliknya bagi para pebisnis lokal yang ingin bersaing dengan kompetitor, atau pemilik usaha yang bisnisnya memiliki konsumen yang jelas, maka Google Adwords sepertinya lebih cocok bagi Anda.

Arham
Arham
Chief Executive Officer (CEO) Deerham Digital Strategy Expert TELP/WA/SMS : 0818698484
Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Start typing and press Enter to search

Peluang_Bisnis_Online-2Blogging Untuk Bisnis