Bingung Memilih Investasi Online Terbaik? Kenali Karakternya Berikut ini | Deerham.com

Bingung Memilih Investasi Online Terbaik? Kenali Karakternya Berikut ini

Home / Bisnis Online / Bingung Memilih Investasi Online Terbaik? Kenali Karakternya Berikut ini

Bingung Memilih Investasi Online Terbaik? Kenali Karakternya Berikut ini

Saat ini mungkin anda bisa mencari peluang bisnis investasi melalui media online yang sedang happening. Yang kita kenal dengan Investasi Online.

Bukankah akan lebih baik jika dana tabungan kita bisa “berputar” dan bertambah nominalnya, dibandingkan hanya menimbun yang ujung ujungnya akan habis baik karena biaya admin maupun biaya lainnya.

Jika kita akan memulai investasi online terbaik, biasanya kita akan bertanya tanya

Berinvestasi dimana?

Mau yang investasi jangka pendek atau jangka panjang?

Berapa estimasi keuntungannya? syariah kah atau malah terlibat RIBA yang akan merugikan..

..dan banyak pertanyaan penting lainnya

Saat ini sudah banyak produk investasi dan jasa keuangan yang menyediakan bentuk bentuk investasi, mulai dari investasi konvensional sampai investasi online.

Hal ini tentu saja akan membuat kita bingung menetapkan pilihan investasi, terutama calon investor pemula yang umumnya, hanya menyediakan dana terbatas.

5 Karakteristik Investasi Online Terbaik

Investasi online termasuk jenis produk investasi jenis terbaru. Oleh sebab itu sebelum memulai berinvestasi online, perlu kita mempelajari lebih dulu seperti apa karakter investasi online terbaik dan tentunya syariah. Agar mendapatkan keberkahan dan keuntungan yang jelas.

1. Investasi yang mensyaratkan modal awal

Bicara modal maka kita akan melibatkan dua jenis modal utama, yakni tangible dan intangible.

Modal awal yang pertama, disini kita berbicara tentang modal berupa materi atau tangible yang sifatnya dapat mudah habis.

Hindari “investasi” yang mensyaratkan modal dengkul, sebab investasi pada dasarnya adalah memutar sejumlah modal uang. Oleh karena itu akan lebih baik memilih bisnis investasi online modal kecil dibandingkan investasi konvensional namun hanya bermodal ‘dengkul’.

Sementara modal awal yang kedua, adalah Investasi yang menuntut keahlian atau intangible. Investasi ini lebih bernilai dibandingkan yang pertama karena proses usaha baru bisa berjalan dengan adanya keahlian atau ilmu.

Sedikitnya seorang investor perlu memiliki keahlian/pengetahuan dibidangnya, sehingga mereka mampu mengestimasi investasi yang dijalankan kemungkinan berhasil.

Misalnya apabilan investasi pada bidang konveksi, maka cari tahu dulu apa itu konveksi pakaian, seperti apa profile pengusaha yang akan didanai / diinvest?. dan bagaimana strategi pemasarannya? Berikut juga bagaimana tingkat persaingan di industri konveksi pakaian.

2. Investasi Selalu Mengandung Resiko

Sudah menjadi sunnatullah kalau investasi selalu memiliki resiko. Hasil yang 100% pasti tidak dapat disamakan dengan investasi. Sebab itu investasi selalu mengandung resiko.

Untuk investasi konvensional maupun investasi online jangan dulu berinvestasi apabila Anda tidak siap untuk kehilangan. Maka pastikan Anda sudah tahu benar jenis risiko yang ada pada sebuah investasi online.

Setiap bentuk investasi online terbaik memang memiliki risiko yang tidak terduga, mulai yang sifatnya sistemik maupun resiko non-sistemik. Dari hal tersebut maka perhatikanlah dengan baik apakah Anda mampu menerimanya atau tidak saat mengalami kerugian.

3. Investasi Online yang Mudah Dipahami

Tidak jarang, investor pemula yang menanamkan modalnya disuatu perusahaan atau bentuk investasi online namun tidak memahami bagaimana proses pengerjaannya.

Ketika ada produk investasi online yang tidak bisa dijelaskan dengan cara yang mudah dan sederhana atau sulit anda mengerti, maka jauhi hal tersebut. Meskipun sebenarnya bukan investasi bodong atau penipuan namun karena tingkat pemahaman investor yang rendah.

Sebab salah satu syarat cara berinvestasi baik adalah Anda tahu bagaimana cara kerjanya.

4. Pastikan tempat kita berinvestasi memiliki legalitas dan sarana yang jelas

Demi keamanan berinvestasi online dan menguntungkan bagi investor, kalau anda investor pemula ada baiknya berinvestasi di tempat yang jelas, meskipun bisnis investasi online tersebut hanya membutuhkan modal kecil.

Ini berarti jasa pengelola investasi atau individunya memiliki sistem yang baik terlebih pada sistem investasi syariah. Kantornya ada dan jelas, dan sebagai penunjang izinnya pun juga terdaftar.

Nah jika seandainya kita tidak pernah mengenal namanya, atau tidak ada referensinya, sebaiknya hindari dulu. Meskipun tidak berarti investasinya buruk tapi hanya karna belum jelasnya berita. Baik portfolio dan prasyarat untuk memenuhi karakteristik investasi online yang baik.

5. Investasi Online yang Memiliki Riset / Penelitian

Riset tentang perusahaan investasi online yang akan Anda jadikan tempat menanam modal, atau tempat usaha yang akan anda invest.

Pastikan adanya transparansi di tempat tersebut yang memungkinkan anda bisa melihat pergerakan dana, manajemen, dan berbagai faktor investasi atauun valuasi lainnya pada usaha yang akan anda invest.

Kemudian, saat anda sudah paham dengan proses kerja investasi online di perusahaan tersebut, maka itulah saat yang tepat untuk menanamkan modal.

Di era investasi online saat ini profile resiko dan profile peminjam dana dapat membantu anda memilah dan menilai kelayakan investaasi. Kedua hal tersebut sudah banyak disediakan jasa P2P Lending Marketplace, ini celah yang baik untuk memulai berinvestasi aman dan menguntungkan. Seperti yang disediakan amartha.com

Anda bisa bertanya kepada pihak Amartha untuk tips awal berinvestasi yang baik lengkap dengan sistem credit scoring dan instrumen lainnya.

Investasi Online Terbaik yang Syariah di Amartha.com

Transformasi Menjadi Peer to Peer Lending Marketplace, Amartha Beri Pendekatan Offline to Online

Transformasi Menjadi Peer to Peer Lending Marketplace, Amartha Beri Pendekatan Offline to Online – @photo scr; amartha.com

Saat ini salah satu pilihan investasi online yang sedang kekiniian adalah peer to peer lending marketplace, atau populer disebut dengan P2P lending.

P2P lending marketplace adalah praktek meminjamkan uang kepada individu atau bisnis melalui layanan online yang mempertemukan antara pemberi pinjaman dengan peminjam secara online. Dan tempat bertemunya investor dan peminjam dana disebut dengan lending marketplace.

Perusahaan jasa peer to peer lending yang menawarkan layanan ini sepenuhnya beroperasi online. Salah satu lembaga yang menawarkan investasi online peer to peer lending di Indonesia adalah Amartha

Semenjak berdiri pada tahun 2010, Amartha telah menyalurkan 30 miliar Rupiah kepada sekitar 20.000 usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia sebagai modal usaha mereka.

 

Hebatnya selama beroperasi selama enam tahun, hingga saat ini Amartha mampu menekan tinggkat gagal bayar hingga angka 0% Selain itu ada beberapa kelebihan Amartha, yang membuat para investor untuk menginvestasikan modal mereka di Amartha.

Berikut beberapa benefit yang investor bisa dapatkan dengan berinvestasi online di Amartha:

1. Di sisi lain, Amartha berpartisipasi aktif dalam membuka peluang investasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi dengan melibatkan masyarakat secara lebih luas, terutama melalui dukungan kita bagi para pelaku UMKM.

2. Amartha telah berpengalaman lebih dari 5 tahun memberikan akses keuangan mikro kepada leih dari 20.000 mikro entrepreneur. Kami mentransformasi mereka menjadi peminjam yang credit-worthy.

3. Amartha membantu calon investor online seperti Anda untuk dapat berinvestasi secara langsung, dengan biaya rendah, pada portofolio usaha-usaha mikro dan UKM berkualitas dengan bagi hasil (yield) yang tinggi.

4. Dari segi finansial, calon investor akan memperoleh keuntungan yang jauh lebih menarik dibandingkan deposito tradisional di bank. Besarnya keuntungan yang diberikan tidak bisa ditentukan karena profil usaha setiap peminjam berbeda-beda. Calon investor dapat melihat proyeksi margin untuk investor yang ditawarkan peminjam setelah calon investor mendaftar sebagai investor, di dashboard profil investor.

Jika Anda masih ragu untuk memulai investasi online? Mulailah dulu dengan dana yang relatif tidak besar, seperti investasi perorangan.

Pilih investasi online yang berdampak, dengan modal kecil dikisaran 3 juta tapi bisa membantu kita untuk melangkah lebih yakin dengan pilihan investasi kita. Kalau kita sudah lebih mengerti dan lebih mantap, baru mulai tingkatkan dana investasi kita.

Siap berinvestasi online !? ayo mulai berinvestasi

Arham
Arham
Chief Executive Officer (CEO) Deerham Digital Strategy Expert TELP/WA/SMS : 0818698484
Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Start typing and press Enter to search

growthMeningkatkan Ranking di Google dengan Diversifikasi link Profile Sederhana